Review SONY ERICSSON G900, HP Serba Ada untuk Para Pebisnis

Kebutuhan ponsel berfitur komplet di kalangan pebisnis terpenuhi di seri G900. Fasilitas layanan BlackBerry juga melengkapi ponsel layar sentuh ini

Ponsel untuk para pebisnis

Ada yang menarik dari langkah Sony Ericsson mengeluarkan seri ponsel G. Dari sisi fitur, seri ini tak kalah dari seri P yang lebih dulu hadir. Sistem operasi Symbian UIQ, solusi BlackBerry, business card scanner, hingga WLAN dipindahkan dari seri P ke seri G. Sementara desain fisiknya dibuat lebih mirip seri W, dengan bentuk candybar manis.

Itulah gambaran ketika mengeksplorasi Sony Ericsson G900. Selain punya fitur sekelas seri P, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan kamera 5Mpix yang saat ini mulai populer di Tanah Air. Bagi pengguna yang bereksplorasi dengan G900, ada dua pilihan akses menggunakan layar sentuh atau memakai keypad plus tombol navigasi. Sebuah pilihan yang leluasa dan memudahkan pengguna seri ini. Sedangkan untuk fitur-fitur lainnya berikut penilaian dari tim Hanjawar Cell

LAYAR

G900 menggunakan layar 262 ribu warna TFT dengan resolusi 240 x 320 pixels.

Ukuran fisik layar 36 x 48 mm memang tidak terlalu luas ketika kita menggunakan akses via stylus. Tapi tak perlu khawatir, dengan bekal layar seperti itu, berbagai aplikasi multimedia seperti foto dan video bisa tampil maksimal di layar.

  • Pengujian : Menggunakan fitur-fitur G900 di dalam dan di luar ruangan
  • Catatan: Orientasi layar bisa disesuaikan dalam posisi vertikal ataupun horisontal

PORT KONEKTIVITAS

Sebagai ponsel dengan fitur komplet, port menjadi salah satu kunci mudah tidaknya ponsel itu digunakan. Sony Ericsson meletakkan port universal khas Sony Ericsson di sisi kanan ponsel yang bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai dan mengakses menu audio seperti musik ataupun radio FM. Bagi yang ingin menikmati musik dengan headset 3.5 mm, tersedia kabel sambungan yang terhubung ke port universal.

  • Pengujian : Menggunakan port untuk charging baterai
  • Catatan : Sebaiknya port audio 3,5 mm sudah ada di ponsel.

MUSIK

Pengguna ponsel ini dimanjakan oleh fasilitas full music. Selain audio player sekelas ponsel Walkman, ada juga fasilitas radio FM. Untuk menikmati sajian musik, akan lebih optimal bila kita mendengarkannya dari headset stereo ataupun bluetooth headset. Kalau didengarkan lewat speaker, suara yang keluar tidak maksimal.

  • Pengujian : Mendengarkan musik menggunakan bluetooth headset
  • Catatan : Ada dukungan memori internal cukup besar sampai 160 Mb. Lebih baik koleksi lagu disimpan ke memori eksternal jenis Memory Stick Duo.

KAMERA

G900 dilengkapi dengan kamera built-in 5 Mpix plus flash. Kamera ini punya fungsi untuk memotret dan merekam video. Sejumlah fitur fotografi melengkapi fasilitas kamera ini termasuk nightshot, macro, hingga multishot. Hasil foto dan video saat ditransfer ke komputer termasuk di atas rata-rata untuk ukuran kamera ponsel 5Mpix. Apalagi bila memotretnya saat di luar ruangan pas cuaca cerah. ■Pengujian : Memotret dan merekam video di pinggir pantai pada saat siang dan senja hari dengan resolusi maksimal. «Nilai: 3,1 ■Catatan : Manajemen memori sebaiknya diperhatikan dengan memasang file hasil jepretan ke memori eksternal.

INTERNET

Sebagai ponsel buat pebisnis, akses internet G900 termasuk komplet. Selain lewat jaringan 3G, ponsel ini juga dilengkapi dengan akses WLAN atau WiFi. Dengan dua jalur koneksi ini, pengguna bisa leluasa surfing ke internet. Dukungan web browser Opera plus RSS Feeds membuat akses internet makin nyaman dan memudahkan. Bagi pecinta musik, internet bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi lewat fasilitas TracklD dan PlayNow.

  • Pengujian : Eksplorasi masuk ke berbagai situs seperti http://www.hanjawarcell.web.id via WLAN
  • Catatan : Setting WAP operator di Indonesia sudah tersedia.

omcE

Aplikasi kantoran di ponsel ini terbilang komplet. Ada aplikasi Pdf+, business cant scanner, dan Quickoffice yang memiliki fasilitas edit dokumen. Fasilitas lain yakni dilengkapi dengan solusi BlackBerry dan BlackBerry Web. Keduanya perlu registrasi ke operator. ■

  • Pengujian: Mengedit file naskah word di dalam ponse
  • Catatan :Latih dulu fasilitas handwriting recognition G900 untuk membiasakan menulis tangan.

KONEKTIVITAS

Ponsel ini punya beberapa cara koneksi ke ponsel atau komputer yakni lewat kabel USB dan bluetooth. Fasilitas bluetooth tak hanya bisa digunakan untuk mentransfer file saja. Dengan aplikasi remote control, kita bisa mengoperasikan komputer dari ponsel via bluetooth. Bagi yang sering presentasi ke klien, aplikasi ini bisa amat membantu.

  • Pengujian : Mentransfer file .doc dari laptop ke ponsel via bluetooth. File ukuran 52 kb, dalam waktu lima detik sudah pindah ke G900.
  • Catatan : Proses bonding antara G900 dan peranti bluetooth lain berjalan lancar.

Kinerja Baterai

Baterai

Baterai G900 menggunakan baterai Li-lon 950 mAh. Baterai ini diklaim punya daya tahan hingga 12 jam waktu bicara dan 380 jam waktu siaga untuk kondisi GSM. Bila digunakan full untuk 3G baterai bisa bertahan sampai 4 jam waktu bicara dan 380 jam waktu siaga.

Hasil Pengujian

Dari pengujian, baterai di ponsel G900 prototipe yang diuji bisa bertahan hingga tiga hari pemakaian normal. Sesekali ponsel digunakan untuk akses internet via 3G dan digunakan untuk memotret. Butuh waktu dua jam untuk bisa mencharge baterai sampai kondisi full.

Secara umum, kinerja G900 sebagai ponsel bisnis berjalan baik. Terlebih dengan fasilitas koneksi internet yang bervariasi dan sejumlah aplikasi internet membuat ponsel ini layak disebut sebagai ponsel kaya fitur.

Please follow and like us:
error